Kumpulan Resep Nasi Uduk

Resep Nasi Uduk : Nasi uduk merupakan menu makanan tradisional khas Indonesia. Nasi uduk adalah nasi yang memiliki rasa gurih, yang umumnya dimakan bersama pelengkap seperti ayam goreng, perkedel, dadar, dan sambal. Nasi uduk banyak disajikan dalam acara-acara tertentu, juga sudah banyak penjual nasi yang menawarkan makanan ini. Supaya berasa gurih dan sedap, nasi uduk mempergunalkan bumbu terutama santan, merica, sereh, dan garam.
Disini kami akan berbagi mengenai berbagai macam resep nasi uduk diantaranya :



Resep Nasi Uduk mudah Gurih dan Enak
Resep Nasi Uduk Sederhana
Resep Nasi Uduk Khas Betawi

Mari kita simak resep nasi uduk Mudah Gurih dan Enak

Resep cara membuat Nasi uduk Gurih dan enak 

Bahan : 1/2 kilo beras, dicuci bersih 700 ml santan dari 1/2 butir kelapa 3 batang sereh dimemarkan 2 lembar daun salam 10 biji merica utuh 2 tiga perempat sdt garam Pelengkap : Ayam goreng -> Baca resep ayam goreng kremes enak Telur dadar tipis, diris halus Bawang goreng Kerupuk sambal kacang perkedel kentang

Cara membuat : Rebus santan, bersama sereh, daun salam, dan merica utuh, sampai mendidih Masukkan beras, kemudian masak hingga meresap Tambahkan garam, aduk rata Kukus nasi sampai matang Sajikan dengan pelengkap Itulah resep membuat nasi uduk, sederhana namun enak.
Resep Nasi Uduk Sederhana

Bahan yang digunakan

Sediakan beras sekitar 500 gram. Saya sarankan pilih beras yang sedkit perak dan jangan terlalu perak, malah kurang enak nanti rasanya.
Sediakan juga paling tidak 3 gelas atau kira kira 600 ml santan kental, buat santan kental dari 1 butir kelapa tua.
Baik juga menggunakan daun salam sekitar 4 atau 5 lembar.
Pilih juga 2 batang serai ukuran besar atau 4 batang serai ukuran sedang, jangan lupa potong bagian ujungnya dan geprek.
Jangan lupa beli juga ketumbar, biar enak gunakan ketunbar bubuk sekitar ± ¾ sendok teh saja.
Nah biar aroma nasi uduk bunda wangi ada baiknya menggunakan 2 atau 3 lembar daun pandan.
Jangan lupa garam ± 1 sendok makan, atau sesuai selera.

Cara membuat nasi uduk sederhana

Yang pertama tentunya membersihkan beras dari batu dan gabah, kemudian cuci hingga bersih dan tiriskan. Kemudian kukus beras di langseng paling tidak 25 menit, lalu angkat.
Ambil panci ukuran secukupnya dan rebus santan, daun salam, sarai, daun pandan, dan jangan lupa ketumbar bubuk serta garam secukupnya. Aduk pelan pelan dan jaga jangan sampai santan pecah.
Setelah mendidih masukkan beras yang telah dikukus tadi. Untuk ukuran yang pas tinggi air santan paling tidak 2 cm diatas beras ya. Aduk aduk perlahan.
Tunggu hingga air santan kering, lantas aduk aduk sekali dan angkat.
Nah sekarang siapkan langseng bersih dan kukus beras aron. Gunakan api sedang. Masak hingga matang paling tidak 30 menit hingga 40 menit.
Angkat dan siap ditambahkan dengan bahan bahan pelengkap lainnya.

Bahan sambal nasi uduk
Kacang tanah : ± 100 gram.
Bawang putih : 2 siung.
Cabe rawit merah : 4 buah.
Gula pasir : ± ½ sendok teh.
Garam : ± ½ sendok teh.
Jeruk nipis : 1 biji.

Cara membuat sambal nasi uduk

Goreng kacang tanah dengan minyak sedikit. Jangan lupa aduk aduk hingga warna sedikit coklat.
Ada baiknya gunakan bawang putih matang, bisa goreng bareng dengan minyak tanah biar praktis.
Haluskan kacang tanah goreng, bawang putih, garam, cabe rawit, gula pasir, dan garam dengan di uleg hingga halus.
Nah saat membuat sambalnya dapat di tambah dengan air jeruk nipis.

Nasi uduk biasanya menggunakan beberapa sayuran atau bahan bahan pelengkap, seperti : emping, mentimun, tahu / tempe goreng, irisan telur dadar, semur jengkol, ayam goreng dan lainnya. 

cara menyiapkannya. Sajikan nasi uduk dengan beberapa bahan sesuai selera bunda dan jangan lupa beri taburan bawang merah goreng.


Resep Nasi Uduk Khas Betawi

Resep nasi uduk khas betawi komplit ini sangatlah cukup mudah. Hanya dengan beberapa bahan sederhana seperti beras dan santan dan tambahan sedikit rempah rempah, maka kita sudah dapat menikmati cita rasa nasi uduk yang gurih dan nikmat. Cara membuat nasi uduk sebetulnya sangat mudah seperti resep nasi uduk yang sudah dijelaskan di atas
Resep nasi uduk komplit memerlukan beberapa tambahan bahan bahan lainnya seperti ayam goreng atau Daging Sapi, kerupuk, tahu / tempe, emping, irisan mentimun, irisan telur, dan di tambah dengan taburan bawang merah goreng. Namun demikian untuk dapat membuat cita rasa nasi uduk khas Betawi jakarta ini enak dan lezat tentunya harus memperhatikan beberapa petunjuk lainnya.
Hal paling utama saat membuat masakan nasi uduk khususnya nasi uduk khas betawi adalah dalam pemilihan kualitas beras dan santan kelapa. Beras paling cocok untuk membuat nasi uduk adalah beras pulen sedikit perak. Jika menggunakan beras pulen seperti beras impor tentu hasilnya kurang maksimal, sebab nasi uduk yang bagus memiliki tekstur nasi sedikit keras dan tidak lengket. Paling tidak kita harus memilih beras yang kualitas bagus dan bukan beras impor yang sebagian besar sangat pulen.
Untuk dapat menghasilkan nasi uduk yang berkualitas dengan cita rasa gurih sempurna tentunya bunda juga mesti menggunakan santan kelapa asli dan baru ( masih fres ). Pilih kelapa yang tua yang di tandai dengan kulit serabutnya yang kasar. Dengan kelapa setengah tua akan mengurangi cita rasa gurih pada nasi uduk bikinan bunda nanti. Untuk bahan bahan lainnya bunda sudah tahu cara memilihnya.
Bahan bahan
Beras : 500 gram ( ½ kg ).
Santan kelapa : 600 ml ( 3 gelas ) dari 1 butir kelapa tua.
Daun salam : 4 lembar.
Serai : 2 batang ukuran sedang.
Ketumbar : ± ¾ sendok teh ketumbar bubuk.
Daun pandan : 2 hingga 3 lembar ( jika bunda menggunakan beras pandan tidak perlu di tambah daun pandan ).
Garam : ± 1 sendok makan.

Cara membuat nasi uduk khas betawi

Cuci beras hingga bersih dan tiriskan.
Kukus beras dengan langseng selama kurang lebih 20 hingga 25 menit ( setengah matang ).
Ambil panci ukuran secukupnya lantas masukkan ( santan + daun salam + serai + ketumbar bubuk + daun pandan + garam ) aduk aduk kemudian rebus dengan api sedang hingga mendidih.
Masukkan beras aron dalam panci ukuran secukupnya dan tuang air rebusan santan hingga ± 1 ruas jari di atas beras.
Selanjutnya masak dengan nyala api kecil hingga sedang hingga air santan habis, sekali kali aduk biar matangnya merata.
Kukus selama kurang lebih 30 menit ( matang ).
Angkat langsung dan simpan nasi uduk di wadah yang telah disediakan.

Bahan sambal nasi uduk
Kacang tanah : ± 100 gram.
Cabe rawit merah : 4 buah.
Bawang putih : 2 siung.
Gula pasir : ± ½ sendok teh.
Garam : ± ½ sendok teh.
Jeruk nipis : 1 biji.

Cara membuat sambal nasi uduk
Goreng kacang tanah dengan sedikit minyak goreng. Goreng juga bawang putih ( biar praktis goreng bareng bersama kacang tanah ).
Tumbuk ( di uleg ) hingga halus ( kacang tanah goreng + bawang putih + gula pasir + garam ).
Saat menyajikan tambahkan dengan sedikit air panas dengan tambahan perasan jeruk nipis..
Bahan bahan lain sebagai pelengkap penyajian, seperti : irisan telur dadar, emping, mentimun, tahu / tempe goreng, semur jengkol, dan lainnya.

Saran penyajian nasi uduk khas betawi : Sajikan bersama taburan bawang merah goreng dan bahan tambahan lainnya seperti : kering tempe, irisan telur dadar, semur jengkol, emping, bihun goreng dan lainnya. Soal menu pelengkapnya, tentunya terserah selera masing masing. Dengan demikian bahan pelengkap tambahannya bisa anda kreasi sendiri. Demikian bunda cara mudah membuat nasi uduk khas daerah betawi ( jakarta ).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel