Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa


Bulan Puasa Ramadhan telah tiba, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi kaum muslim sedunia ini. Puasa pada umumnya menahan lapar dan haus dari terbit matahari sampai tenggelam. Agar aktivitas kita pada saat bulan puasa dapat berjalan lancar seperti hari – hari biasanya, tentu kita harus menjaga kesehatan dan pola makan yang sehat sehingga dapat memberikan energi agar tubuh tidak terasa lemas di siang hari.



Berikut ini merupakan cara atau tips bagaimana kita menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah puasa ramadhan dan semoga ini dapat dijadikan solusi untuk menjaga kesehatan puasa anda. 

Jangan meninggalkan sahur. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam sementara aktifitas di siang hari harus berjalan normal. Untuk itu agar tubuh kita dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel – sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah yang cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tidak lupa didampingi dengan minum suplemen multivitamin setelah makan sahur akan membantu memberikan nutrisi yang optimal selama menjalankan ibadah puasa.

Hindari Minuman Kopi dan bersoda pada saat sahur, karena kopi akan membuat kita lebih cepat mengalami dehidrasi atau kehausan.

Cukupi Olah raga. Kenapa puasa juga butuh olahraga, karena olahraga dapat menjaga dan membantu sirkulasi kerja oksigen yang mengalir dalam tubuh kita. Sehingga kebugaran dan kesehatan tubuh dapat terjaga secara normal. Dalam berolahraga juga jangan ambil olahraga yang terlalu berat namun ambil porsi olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki/santai setelah makan sahur.

Awali buka puasa dengan yang manis contohnya Madu atau kurma. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat dan dapat membantu tubuh mendapatkan kembali nutrisi yang hilang sepanjang hari.

Pada malam hari usahakan juga untuk tidak tidur setelah makan, hal tersebut akan mengganggu proses metabolisme. Bila kondisi ini terjadi, maka makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan. Selain itu, tentu saja ada asam lambung yang terbawa oleh makanan tersebut. Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah karena ada makanan yang berbalik arah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit maag atau tungkak lambung. Usahakan untuk mencegah hal itu terjadi di usahakan untuk tidur 1-2 jam setelah makan dan mengkonsumsi 

Usahakan jangan asal konsumsi vitamin. Memang salah satu cara untuk membuat tubuh kita menjadi lebih fit saat berpuasa adalah dengan mengkonsumsi supleman vitamin, namun anda harus tau juga bahwa sebenarnya mengkonsumsi suplemen vitamin itu tidak bisa menggantikan kebutuhan nutrisi yang kita dapatkan dari makanan yang bergizi, dan yang terpenting jika ingin menggunakan suplemen vitamin usahakan cari tahu apakah produk itu tak bahaya, dan sudah di rekomendasi oleh BPOM.

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel